Serangan Belalang di Sumba Timur Melebihi Ambang Batas, Begini Reaksi DPRD NTT

Serangan Belalang di Sumba Timur Melebihi Ambang Batas, Begini Reaksi DPRD NTT

Artispsk.com – Serangan belalang kembara kini semakin meluas, dan sudah masuk dalam ambang batas kewajaran. Akibat hal tersebut kini DPRD NTT tengah gencar mendorong pihak Pemprov NTT untuk segera mengambil tindakan strategis dalam mengatasi serangan hama belalang kembara yang melanda di daerah Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Berdasarkan pendapat dari DPRD NTT diharapkan langkah yang nantinya diambil haruslah mempertimbangkan faktor dari keselamatan manusia serta lingkungan.

“Jadi harus menunjang perspektif perlindungan manusia dan kehidupan, karena seperti yang diketahui ini merupakan wabah hama belalang yang sudah masuk dalam status megancaman, sehingga langkah yang diambil harus benar-benar dipertimbangkan secara baik dan benar” ungkap Wakil Ketua DPRD NTT yakni Alexander Teke Ofong.

Selain itu Alex juga mengatakan terdapat tiga langkah konkret yang harus dilaksanakan oleh pemerintah dalam menyusul penyemprotan pestisida tersebut. Yang pertama adalah pemerintah harus secepatnya mensosialisasikan secara benar penggunaan pestisida agar masyarakat juga bisa berjaga-jaga untuk menghindari lokasi penyemprotan demi melindungi bahan pangan dan juga sumber air yang ada.

Kemudian yang kedua untuk takaran pestisida haruslah dipertimbangkan secara baik dan juga benar agar tidak berdampak buruk bagi namanya kesehatan warga. Selanjutnya untuk yang Ketiga, pastikan harus ada pengevaluasian secara berkala agar apa yang telah dilakukan tidak berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.

“Hal tersebut merupakan langkah pendek yang harus diambil karena sudah mewabah. Sedangkan untuk langkah menengah dan panjang, pemerintah harus segera turun tangan dan ikut berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan juga para ahli,” ucap Alex.

Menurut Alex, pemerintah NTT kini sedang mendorong para ahli juga dalam mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja penyebab serangan hama belalang untuk menentukan langkah solusi yang tepat dalam segera menyelesaikan permasalahan yang ada.

Terkait dengan adanya keluhan dari pihak pemerintah daerah soal mengenai ketiadaan anggaran dana untuk mengadakan hujan buatan, maka menurut Alex, pemerintah segera harus berkoordinasi dengan BNPB Pusat dalam mencari bantuan anggaran. Apalagi bila dilihat wabah ini sudah bisa ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dimana proses penyebaran hama tersebut sudah masuk dalam skala bencana, ungkap Alex

 

Agen Judi Online