Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandiaga Bukan Solusi Tepat, Pengamat Sebut Program Ahok Lebih Ideal

Program Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandiaga Bukan Solusi Tepat, Pengamat Sebut Program Ahok Lebih Ideal

Artispsk.com – Menjelang akan berakhirnya masa kepemimipinan dari Djarot Saiful Hidayat selaku gubernur DKI Jakarta, kini Masa kepemimpinan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno kembali menjadi buah bibir perihal atas Program uang muka atau down payment (DP) 0 Rupiah yang diusung oleh keduanya.

Seperti yang diketahui selama ini para pengembang banyak memberikan gimmick dalam menarik pembeli, mereka memberikan kebebasan kepada para pembeli dalam melakukan pembayaran DP yang mana sudah seharusnya menjadi tanggungan pembeli.

“Ya benar untuk saat ini semua itu kan karena adanya musiman ekonomi yang mana untuk sekarang sedang bagus, stabil, dan bunga juga masih tetap. Sehingga jangka menengah dan pendek memang stabil berikan pembiayaan, makanya bisalah diambil untuk DP sebagai tanggungan,” ungkap Jehansyah Siregar yang merupakan salah satu Dosen Kelompok Keahlian Perumahan Permukiman Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SKPPK) Institut Teknologi Bandung (ITB), kepada awak media, pada Rabu (12/07/2017).

Walaupun demikian, Jehar Menuturkan bila hal tersebut bukanlah suatu solusi dari pemecahan masalah. Mengapa demikian, faktanya penawaran atas program DP 0 Rupiah bukan masuk kedalam perumahan rakyat yang ideal, melainkan berbasis rumah komersial.

Alhasil menjadi suatu alasan juga memgapa program tersebut sulit untuk direalisasikan sebagai perumahan rakyat, Apalagi seperti beberapa saat yang lalu, Sandi baru menerangkan bahwa DP 0 Rupiah hanya diperuntukkan bagi masyarakat dengan jumlah pendapatan kerja Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

Sehingga dapat disimpulkan sekaligus menegaskan juga kepada kita semua bahwa DP 0 Rupiah tidak akan berlaku bagi masyarakat yang nantinya hanya berpenghasilan di bawah Rp 7 juta.

Menurut penilaian dari Jehansyah, bahw program yang cukup ideal untuk direalisasikan sekarang ini di DKI Jakarta yakni sebagai kota metropolitan adalah yang sebelumnya dicetuskan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Bisa dikatakan hal yang paling Idealnya adalah (Anies-Sandi) kembali menindaklanjuti program yang telah dibuat oleh Ahok. Dulu, Ahok sempat berujar dengan mengatakan di DKI akan dibangun 50.000 unit rumah susun sewa (rusunawa) untuk menata kembali beberapa daerah. Mungkin sampai 20 lokasi katakanlah dalam 5 tahun. Itu sudah termasuk bagus dan tepat,” ungkap Jehansyah menjelaskan.

Agen Judi Online