Gunung Agung Keluarkan Lahar Dingin Yang Terjang 2 Sungai di Karangasem

Gunung Agung Keluarkan Lahar Dingin Yang Terjang 2 Sungai di Karangasem

Artispsk.com –  Aktivitas dari Gunung Agung kini masih belum stabil. Pasalnya lahar dingin dari Gunung Agung saat itu telah menerjang dua sungai yang ada di Karangasem. Adapun kedua sungai tersebut yakni Sabuh di Desa Duda Utara dan juga Kecamatan Selat dan Sungai Yeh Sah yang ada di Desa Batusesa, Rendang.

“Masyarakat sudah tentu harus menjauh dari lokasi, hal ini karena banjir lahar hujan ini terus saja membawa produk material yang cukup besar akibat adanya hujan yang terjadi terus menerus,” ungkap Kepala PVMBG Kasbani ketika dijumpai di Pos Pantau Gunung Agung Desa Rendang, Karangasem, pada Kamis (30/11).

Para seluruh masyarakat yang berada dikawasan lembah hulu sungai dari Gunung Agung agar diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan mereka berhubung karena aktivitas dari GunugnAgung masih belum sepenuhnya aman dan jelas saja situasi ini dapat mengancam keselamatan jiwa apabila tidak tidak dilakukannya antisipasi dini.

Menurut dirinya, untuk intensitas air yang terdapat pada dua sungai ini sangatlah banyak, hal ini karena disertai material vulkanik yang terbawa serta menyebabkan terjadinya banjir yang begitu besar yang mana menuju ke arah bagian selatan.

Sedangkan, untuk banjir lahar hujan yang terjadi di Sungai Barak, Desa Tianyar, Kabupaten Karangasem beberapa waktu lalu materialnya untuk saat ini sangat pekat atau kental seperti adanya adukan semen yang disebabkan intensitas hujan di kawasan utara Gunung Agung lebih sedikit, sehingga material vulkanik yang terbawa seperti itu.

“Sebenarnya sama saja, namun semuanya tergantung dari jumlah kosentrasinya terhadap air yang diresapnya. Banjir lahar hujan ini akan membawa material abu vulkanik, karena erupsinya yang saat ini masih berupa abu saja,” papar Kasbani.

Untuk material lain, seperti misalnya bebatuan masih berada di kawah Gunung Agung, dan mungkin saja bisa terjadinya erupsi yang mengaliri pada sungai ini. “Namun, untuk kejadian ini masih belum terjadi dan kami tentunya akan terus melihat perkembangannya dan saat ini banjir lahar hujan masih berupa material berupa abu,” tandasnya menerangkan lebih lanjut.

Agen Judi Online